MOS MAN 2 Model Tak Lagi Berdasi Petai

Pada Minggu-minggu pertengahan Juli ini, sekolah-sekolah di Kota Pekanbaru disibukkan dengan kegiatan penerimaan siswa baru dan acara Masa Orientasi Siswa (MOS). Salah satu sekolah yang sudah mengakhiri kegiatan awal tahun pelajaran baru ini adalah MAN 2 Model Pekanbaru.

Madrasah Bertaraf Internasional (MBI) ini baru saja menyudahi Masa MOS pada Sabtu (11/7) lalu. Setidaknya ada 192 siswa baru yang terlibat dalam MOS yang diadakan sejak Kamis (9/7) lalu, 47 diantaranya melalui penerimaan siswa unggul.
Berbagai kegiatan dilaksanakan, mulai dari perkenalan bagi siswa tentang lingkungan sekolah, sosialisasi fasilitas sekolah yang tersedia termasuk disana suasana kelas, labor, tempat ibadah dan lain-lain.

Kegiatan yang dipusatkan di kampus MAN 2 jalan Diponegoro itu juga menyertakan latihan kecakapan baris-berbaris dan kedisiplinan. Tidak tanggung-tanggung, seperti tahun lalu instruktur untuk kegiatan yang satu ini langsung didatangkan dari Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).


Namun ada sedikit suasana yang beda dengan tahun lalu, diamana saat ini siswa peserta MOS tidak lagi dibebankan dengan aksesoris yang aneh-aneh seperti dasi petai, kaus warna-warni dan lain-lain.

‘’Tahun ini siswa tidak lagi berdasi petai, dasinya sudah dasi asli dan pakaian merekapun diseragamkan, baju putih celana atau rok hitam,’’ ujar Drs Ali Umar Bakri, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 ketika dikonfirmasi.

Ditambahkannya, ini semua dikarenakan dasi petai atau yang lainnya tidak lagi relevan mengingat MAN 2 Model sekarang sudah berstatus MBI, dan jenis kegiatanpun hanya ditekankan kepada penanaman nilai moral, kedisiplinan, intelektual dan keislaman.

Dari pantauan Xpresi ke lapangan acara berjalan semarak dan atraktif, hal ini terlihat dari antusiasme para peserta mengikuti acara, seperti yang diungkapkan oleh Aulia Nuraini, salah seorang peserta.

‘’Asyik acaranya, kakak-kakak kelasnya seru-seru, terus kalo dapet hukuman pasti hukumannya yang dapat kami ambil pelajarannya,’’ ujarnya.
Hari terakhir MOS, diadakan acara puncak berupa pentas seni yang akan menampilkan kreatifitas, minat dan bakat para siswa baru di Aula MAN 2 Model sekitar pukul 13.00 WIB.

‘’Kami sudah menyiapkan alat dan sarana untuk acaranya (pentas seni,red) berupa keybord dan panggung,’’ ujar Reza, ketua OSIS MAN 2 Model Pekanbaru.(Hendrawan-CCMD)

Dukung: Rusli Zainal Sang Visioner

0 komentar: